Skip to main content

5 Hal Tentang Hutan Lindung Sungai Wain yang wajib di ketahui

gerbang hutan lindung sungai wain
Balikpapanguide, Hutan Lindung Sungai Wain (HLSW) merupakan wisata alam di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. HLSW adalah wisata alam hutan dan wisata alam sungai indah. tidak lupa varien satwa yang berada di sana. Kali ini balikpapanguede akan mereview kawasan ini, sebagai alternatif berwisata dan berlibur bagi warga kota balikpapan. Potensi kawasan yang di lindungi oleh pemerintah daerah ini sangat besar , karena keaslian flora dan fauna yang ada di sana.

Keseluruhan luas HLSW adalah 10.025 hektar dan terdapat sungai Wain yang panjangnya kurang lebih  18.300 m dengan airnya yang jernih dengan rimbunnya hutan bakau dan habitat beberapa burung, ikan , kepiting dan orang hutan.

5 Hal Tentang Hutan Lindung Sungai Wain yang wajib di ketahui

pedestrian hutan lindung sungai wain
1. (menurut wikipedia) Hutan Lindung Sungai Wain secara Administratif Pemerintahan terletak di Kelurahan Karang Joang Kecamatan Balikpapan Utara dan Kelurahan Kariangau Kecamatan Balikpapan Barat Kota Balikpapan, Propinsi Kalimantan Timur.



2. Letak Secara geografis terletak antara 116º47′ – 116º55′ Bujur Timur dan 01º02′ – 01º10′ Lintang Selatan.
Batas-batas antara lain :
  • -Sebelah Utara: berbatasan dengan HPHTI PT. INHUTANI I Unit Batu Ampar.
  • -Sebelah Barat: ± 1 hingga 2 km. dari Teluk kota Balikpapan dibatasi hutan mangrove dan hutan sekunder rendah.
  • -Sebelah Selatan dan Timur: ebrbatasan dengan lahan pertanian.
  • -Sebelah Timur Laut: dibatasi oleh jalan raya Balikpapan – Samarinda (antara km 20 hingga km 24) dengan jarak lebih kurang 4 km.

muara sungai wain

3. Ini panduan jika anda ingin mengunjungi HLSW :
  • -pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat melalui Kota Balikpapan yang berjarak sekitar 15 km ke arah utara.
  • -Lokasinya pintu gerbang persis di pinggir jalan raya Balikpapan-Samarinda.
  • -Pengunjung bisa menikmati Sungai Wain yang panjangnya 18.300 meter, jernih,terdapat hutan bakau.




4. Apa saja yang binatang di Hutan Lindung Sungai Wain (HLSW)?
yaitu orangutan, kera, burung, ikan, beruang, dan lainnya. Sekarang Kondisi HLSW yang sebagiannya merupakan rawa-rawa, memerlukan persiapan yang matang bagi para pengunjung. Pengunjung di sarankan menggunakan atau membawa sepatu boots agar lebih nyaman ketika menelusuri kawasan HLSW ini.

tempat pengolahan air bersi sungai wain


5. Apa saja yang bisa di lakukan di Hutan Lindung Sungai Wain (HLSW)?
  • -pengunjung dapat menikmati trekking melintasi jalur sepanjang 400 meter di atas titian kayu, yaitu jembatan pajang yang ada Sungai Wain.
  • -Pengunjung juga bisa menikmati trekking sepanjang 3 km dan  melihat tumbuhan langka, seperti Kantung Semar.
  • -dapat menikmati aneka ragam tumbuhan dan binatang langka,
  • -beruang madu yang berjumlah 60 ekor, pengunjung perlu mendapatkan ijin khusus dari pihak pengelola.
  • -Jika ingin menikmati pemandangan pedalaman kawasan HLSW yang lebih menantang lagi, pengujung perlu melakukan trekking sepanjang 8 km hingga sampai di base camp Jamaluddin. Disarankan agar pengunjung menetap di sana selama beberapa hari sambil menelusuri dan mengamati pemandangan yang ada di sekitarnya.


Badan Pengelola Hutan Lindung Sungai Wain (HLSW)

Jl Soekarno-Hatta Km. 23 Komplek KWPLH Balikpapan - 61010 - Kalimantan Timur, Indonesia
email: uphlsw[at]indo.net.id


silahkan mengikuti peta di bawah untuk alternatif penelusuran

Comments

Popular posts from this blog

10 Tempat Bersejarah di Balikpapan Yang Wajib Di Ketahui

Balikpapan guide akan memberikan 10 Tempat Bersejarah di Balikpapan Yang Wajib Di Ketahui bagi siapa saja yang berkunjung ke kota Balikpapan, banhkan masyarakat Balikpapan bisa jadi tidak mengetahui beberapa lokasi tersebut karena berada d tempat tersembunyi.  Tugu Perdamaian (Km. 13)Jepang dan Australia di Balikpapan Tugu ini terletak di jalan Soekarno Hatta Km.13 No.03 Kecamatan Balikpapan Utara yang merupakan Tugu Peringatan terhadap tentara Jepang, Bangsa Indonesia dan Tentara Australia yang meninggal pada pertempuran perang dunia ke-II. di sekitar area tugu ini terdapat beberapa lubang bekas BOM / RUDAL pesawat tempur, sehingga menguatkan bukti sejarah dibangunnya Tugu Perdamaian ini. Periode pendirian pada tahun 1990, Bangunan tugu ini berbentuk persegi dengan ujung bagian atas berbentuk setengah lingkaran. terdapatnya tulisan Jepang dan Indonesia pada bagian depan dan tulisan Jepang pada bagian belakang. terdapat juga tempat untuk hio pada bagian depan. Tugu Australia Di Balikpa

10 Tempat Makan Enak di Balikpapan

Balikpapan guide akan memberikan 10 Tempat Makan Enak di Balikpapan yang paling populer dan sudah eksis selama lebih dari puluhan tahun. tempat makan ini dipilih berdasarkan jenis menu dan paling favorit oleh warga kota balikpapan. Sate Baruna Balikpapan Nikmat Tongseng dan Sate Bakar Sate baruna balikpapan, berada di jalan jenderal sudirman balikpapan. berada tepat di sebelum gerbang memasuki wilayah PT. Pertamina balikpapan. Rumah makan ini sudah menjadi legendaris untuk kategori masakan sate kambing dan olahan turunannya. setiap hari bukan hingga pukul 10 malam. Sate baruna Balikpapan juga menyediakan menu kotakan untuk keperluan aqqiqahan. Nasi kotakan ini bisa di pesan untuk kegiatan kegiatan anda. rumah makan sate baruna juga terdapat di jalam mt haryono balikpapan, tepatnya berada di jalan dekat dengan pasar butun soekarno hatta. Sate Baruna Warung Jl. Soekarno Hatta, Km 4, 5 No. 85 Batu Ampar, Kalimantan Timur ,Indonesia nomor telepon : +62 542 861861 restauran kepiting kenari

Ini 9 Angkutan Umum Balikpapan Dilihat dari Nomor, Warna, rutenya

balikpapanguide.com, angkutan umum kendaraan roda 4 masih menjadi alternatif terbaik untuk transportasi antar tujuand alam kota balikpapan. angkutan ini melayani semua masyarakat kota balikpapan berdasarkan rute dan warna bodi kendaraan. anda tidak perlu risau mengenai tarif dari angkutan ini. tarif angkutan jarak ajuh dan dekat masih tetap rp 5000,- harga tahun 2015. Anda tidak perlu extra tambahan uang jika rute yang di lalui adalah jalur poros seperti di bawah ini. semua angkutan ini bermula dan berakhir di beberapa terminal seperti terminal batu ampar , terminal Balipapan permai, kampung baru hingga gunung tembak.