Skip to main content

10 Tempat Bersejarah di Balikpapan Yang Wajib Di Ketahui

Balikpapan guide akan memberikan 10 Tempat Bersejarah di Balikpapan Yang Wajib Di Ketahui bagi siapa saja yang berkunjung ke kota Balikpapan, banhkan masyarakat Balikpapan bisa jadi tidak mengetahui beberapa lokasi tersebut karena berada d tempat tersembunyi. 



Tugu Perdamaian (Km. 13)Jepang dan Australia di Balikpapan
Tugu ini terletak di jalan Soekarno Hatta Km.13 No.03 Kecamatan Balikpapan Utara yang merupakan Tugu Peringatan terhadap tentara Jepang, Bangsa Indonesia dan Tentara Australia yang meninggal pada pertempuran perang dunia ke-II. di sekitar area tugu ini terdapat beberapa lubang bekas BOM / RUDAL pesawat tempur, sehingga menguatkan bukti sejarah dibangunnya Tugu Perdamaian ini.
Periode pendirian pada tahun 1990, Bangunan tugu ini berbentuk persegi dengan ujung bagian atas berbentuk setengah lingkaran. terdapatnya tulisan Jepang dan Indonesia pada bagian depan dan tulisan Jepang pada bagian belakang. terdapat juga tempat untuk hio pada bagian depan.


Tugu Australia Di Balikpapan
Balikpapanguide, ini merupakan salah satu monumen bersejarah tentang perang di kota Balikpapan. Terletak di area pusat Kota Balikpapan. Tugu ini merupakan tugu peringatan yang dibangun oleh pemerintah Australia untuk memperingati pasukan divisi VII Australia yang gugur menghadapi pasukan Jepang pada masa perang dunia ke-2. Pasukan ini gugur karna serangan meriam Jepang pada saat pendaratannya di Kota Balikpapan.
Sampai saat ini, pemerintah Australia dan penduduk berkebangsaan Australia setiap tahunnya memberikan upacara penghormatan yang dilakukan di hari ANZAC (ANZAC-day).
Tugu ini masih bisa di datangi oleh para wisatawan karena terletak dilapangan merdeka, tempat yang sangat mudah di datangi. dahulu terdapat sebuah pedang asli yang terdapat di bagian muka tugu, namun sekarang sudah tidak ada lagi hilang.
Lokasi bersejarah kota Balikpapan

Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) Balikpapan
balikpapanguide, Monumen yang melambangkan perjuangan rakyat Balikpapan ini terletak di area pusat kota. Dengan berlatar belakang pantai berpasir putih dan dikelilingi dengan taman yang tertata apik, menjadikan monumen ini salah satu pilihan untuk dikunjungi.
Monumen ini juga memiliki ruang diorama yang dibuka untuk umum di hari-hari terntentu dan panggung terbuka. Di hari-hari tertentu diadakan pertunjukan seni-budaya atau pentas kreatifitas remaja di panggung terbuka ini.

collectie_tropenmuseum_hoofdgebouw_van_de_bataafse_petroleum_maatschappij_te_batavia_tmnr_10014922
Sejarah Bataafsche Petroleum Maatschappij (BPM) sebelum Pertamina
Balikpapanguide, kota balikpapan sering di sebut sebagai kota Minyak Pada perode tahun 1980 hingga 2000. Kota ini menjadi pusat pengolahan minyak mentah untuk kawasan timur indonesia. Sekarang di kelola oleh Pertamina. Perusahan minyak ini awal mulanya adalah milik belanda yang bernama N. V. Bataafsche Petroleum Maatschappij (BPM) yang merupakan anak usaha dari perusahaan ROyal Dutch Shell BPN yang sudah awal beridirinya sejak tanggal 26 Februari 1907 di Den Haag, Belanda.
berikut awal sejarahnya BPM menjadi Perusahaan Pertamina Milik Negara Indonesia :

[caption id="attachment_5834" align="alignnone" width="700"] Kantor pusat di jakarta (wikipedia)[/caption]
Pelabuhan Balikpapan mulai dipergunakan bersamaan dengan pemboran pertama minyak di Balikpapan pada 10 Pebruari 1897 oleh Perusahaan Mathida. Karena hasil pemboran minyak mentah diangkut keluar Balikpapan dengan kapal. Setelah kilang minyak (Oil Refinery) Balikpapan dibangun tahun 1922, angkutan minyak mentah dilakukan dengan kapal Tanker. (wikipedia)
Selama Perang Dunia II (tahun 1942-1945), Pelabuhan kota Balikpapan dikuasai oleh pasukan tentara jepang. Mereka membutuhkan sumber daya bahan bakarmiyak untuk  kendaraan lapis baja, pesawat tempur hingga lampu. Penyerangan ke balikpapan setelah mereka berhasil menguasai tarakan. Tetapi menguasai Tarakan menjadi tidak berguna sama sekali, karena kilang minyak tarakan sudah di hancurkan oleh Belanda pada saat itu. Ketika tentara Jepang menyerang Balikpapan pada 20 Januari 1942, ternyata kilang minyak dan Pelabuhan Balikpapan tetap utuh dan tidak di hancurkan seluruhnya karena pimpinan jepang mengacam akan membunuh semua tentara dan warga belanda yang di temukan di tarakan dan balikpapan.
Tentara Sekutu yang terdiri dari angkatan Bersenjata Divisi 7 australia dipimpin oleh Letnan Kolonel Edward Robson berusaha merebut kembalik pelabuhan Balikpapan. Karena dari kacamata ekonomi, kilang minyak memiliki nilai strategis. Serangan tentara Sekutu berlangsung sejak 25 juni sampai 15 juli 1945. (sumber wikipedia)
Tentara australia menjadikan kota balikpapan menjadi medan perang untuk mereka bertempur dengan jepang. Jelas sekali bahwa australia tidak membela indonesia ataupun ada kekerabatan dengan bangsa indonesia. Mereka Hanya ingin menghancurkan pasukan jepang, sebelum mereka bisa menguasai minyak dan bisa saja menyerang australia kapan saja. Menjadikan kota balikpapan sebagai ladang perang merupakan keinginan australia.
[caption id="attachment_5832" align="alignnone" width="700"]collectie_tropenmuseum_gezicht_over_de_baai_van_balikpapan_met_olietanks_en_steigers_van_de_bataafsche_petroleum_maatschappij_28bpm29_tmnr_60051464 kilang balikpapan, wikipedia[/caption]
Sekutu menghancurkan kota balikpapan dan kilan gminyak balikppan melalui bom bom atom yang berjatuhan dari pesawat pesawat sekutu. Tindakan ini masih kita jumpai bahwa di sekitaran teluk kota balikpapan masih saja di temukan bom bom, yang masih bisa meledak, dan tertimbun di kedalaman hutan dan tanah di sekitaran kilang balikpapan.
lihat berita ini Bom sisa perang di temukan di area kilang minyak Balikpapan
[caption id="attachment_5833" align="alignnone" width="700"]collectie_tropenmuseum_steiger_en_olietanks_van_de_bataafsche_petroleum_maatschappij_28bpm29_op_het_eiland_tarakan_tmnr_60018735 wikipedia[/caption]
Pada sekitar tahun 1949 , beberapa tahun setelah kemerdekaan Indonesia 1945, Pelabuhan Balikpapan diserahkan secara resmi kepada Pemerintah Republic Indonesia. kilang minyak yang porak poranda akibat perang itu kemudian di perbaiki terus menerus hingga berfungsi dengan baik. Smua fasilitas kilang minyak di aktifkan kembali dan sekarang di kelola oleh Pertamina sebagai perusahaan milik negara.

Nilai Nilai Sejarah Lokal Kodam Mulawarman Balikpapan
Kodam Mulawarman Balikpapan
kota balikpapan selalu terjaga keamanan dan kondusifitas kota karena kehadiran kodam VI mulawarman . kodam ini sebelumnya bernama kodam VI tanjung pura. namun karena di pisah menjadi 2 kodam, menjadi mulawarman dan kodam tanjung pura di berikan di palangkaraya.
kodam mulawarman memiliki fasilitas cukup lengkap untuk olahraga seperti stadion sudirman yang terletak di komplek pemukiman kodam. kemudian terdapat museum mulawarman yang menyediakan rekap sejarah kondisi kota balikpapan selama perjuangan dan alat alat pertahanan kodam mulawarman yang sudah di pensiunkan.

Tugu Kilang Minyak di Karang Anyar Balikpapan
Tugu Kilang Minyak di Karang Anyar Balikpapan
Balikpapanguide.com, Tugu Kilang Minyak di Karang Anyar, terletak di jalan yos sudarso bersimpul dengan jalan jenderal ahmad yani balikpapan. (lihat peta di bawah). tugu terletak tepat di traffic light karanganyar , balikpapan, berbentuk dari sebuah vessel lengkap dengan valve dan beberbagai macam benda instrumentasi.
Tugu ini di buat persis seperti asli, karena menggunakan alat intrument instrument asli. semua pipa dan valve di tugu kilang minyak ini sesuai dengan aslinya. ini adalah salah satu tugu asli yang ada di kota Balikpapan. Tertulis di sekitar dinding dari tumpuan pondasi tugu tertuliskan logo chevron dan BP migas.
Anda yang belum mengetahui tentang ke beradaan tugu ini, bisa sesekali berselfie atau sekedar mendokumentasikan tugu kilang minyak balikpapan.
berikut kordinat lokasi dari kilang untuk panduan GPS tracking alikpapan Tengah, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur 76122, Indonesia
-1.242064, 116.828350

Bunker Jepang Balikpapan yang Wajib Di kunjungi
cagar budaya bangker jepang telindung
Dimasa dominasi nya di Kota Balikpapan, para tentara Jepang membangun Bunker-bungker pertahanan. Sebagian besar dari bungker-bunker yang ditemukan terletak di wilayah timur Kota Balikpapan (wilayah sekitar pantai Manggar dan Lamaru).
Ada 20 (dua puluh) bunker Jepang yang telah berhasil di data. 8 (delapan) diantaranya masih dalam kondisi yang utuh dan baik. Hanya saja tidak semua bunker-bunker itu bisa dikunjungi, karena sebagian dari bunker-bungker tersebut yang berada di wilayah militer (dalam area 600 raider).
Bunker Jepang Balikpapan

Tugu Pelajar Gunung Pasir Balikpapan
Tugu Pelajar Gunung Pasir Balikpapan
Tugu pelajar berada di jalan piere tendean balikpapan, gunung pasir. lokasi area ini merupakan kawasan untuk pelajar kota balikpapan. Di area bukit pelajar sering disebutkan ini terdapat sekola SMP1, SMP2, SD  dan SMA 1.
Tugu pelajar tepat berada di pertigaan jalan piere tendean dan jalan gunung pasir. simbol dari taman tugu pelajar adalah lengan dengan gengaman saling terikat sebayak 3 buah. lihat lokasi peta.

Menara Pelindo Balikpapan, Tempat Melihat Pantai Balikpapan dari Ketinggian

menara pelindo ini terletak tepat di atas bukit pelabuhan semayang balikpapan. lokasi menara ini harus di lalui mengunakan jalan setapak dari arah pemukina perumahan pelindo balikpapan. Menara ini di bangun sebagai menara suar pemandu kapal kapal yang hendak bersandar di kota balikpapan.
anda tidak di kenakan biaya untuk datang ke lokasi ini, karena milik perusahaan pelindo. anda bisa datang pada pagi hari atau sore hari, jangan datang pada malam hari. anda juga di bebaskan untuk menaiki tower bangunan 2 lantai ini. karena menaa pengitai anda bisa melihat seluruh pemandangan luas kota balikpapan.

Makam/Tugu Jepang (Lamaru)
Terletak berdekatan dengan Pantai Lamaru. Tugu ini merupakan tugu peringatan yang melambangkan perjuangan kegigihan pasukan Jepang ini dibangun di atas makam pemimpin pasukan Jepang yang gugur dalam pertempuran melawan kekuatan sekutu di masa perang dunia ke-2. Makam ini dikelilingi dengan taman dan berlatar belakang pantai berpasir putih

Tugu Sumur Mathilda Balikpapan
sumur matilda balikpapanSebagai "Kota Minyak" sejarah Kota Balikpapan tidak terlepas dari sejarah pengeboran minyak pada tanggal 10 Februari 1897. terletak di Jalan Yos Sudarso di tepi jalan Minyak wilayah Pertamina yang merupakan bekas pengeboran minyak pertama di Kota Balikpapan. Peristiwa pengeboran ini sangat bersejarah bagi Kota Balikpapan, hingga tanggal pengeboran pertama ini ditetapkan sebagai "Hari Jadi" Kota Balikpapan.
Cagar Budaya ini merupakan bagian dari beberapa pompa minyak yang di bor oleh bangsa Belanda pada tahun 1897 dengan kedalaman sumur 222 meter, Berupa pipa dan katup pengontrol sebanyak lima buah serta satu buah pengontrol tekanan. produksi awal 184 barrel, komulatif total produksi sebanyak 68.375 barrel dan ditutup tahun 1903. bahwa Sumur Mathilda ini adalah bukti artefaktual eksplorasi minyak bumi PERTAMA di Indonesia

Comments

Popular posts from this blog

10 Tempat Makan Enak di Balikpapan

Balikpapan guide akan memberikan 10 Tempat Makan Enak di Balikpapan yang paling populer dan sudah eksis selama lebih dari puluhan tahun. tempat makan ini dipilih berdasarkan jenis menu dan paling favorit oleh warga kota balikpapan. Sate Baruna Balikpapan Nikmat Tongseng dan Sate Bakar Sate baruna balikpapan, berada di jalan jenderal sudirman balikpapan. berada tepat di sebelum gerbang memasuki wilayah PT. Pertamina balikpapan. Rumah makan ini sudah menjadi legendaris untuk kategori masakan sate kambing dan olahan turunannya. setiap hari bukan hingga pukul 10 malam. Sate baruna Balikpapan juga menyediakan menu kotakan untuk keperluan aqqiqahan. Nasi kotakan ini bisa di pesan untuk kegiatan kegiatan anda. rumah makan sate baruna juga terdapat di jalam mt haryono balikpapan, tepatnya berada di jalan dekat dengan pasar butun soekarno hatta. Sate Baruna Warung Jl. Soekarno Hatta, Km 4, 5 No. 85 Batu Ampar, Kalimantan Timur ,Indonesia nomor telepon : +62 542 861861 restauran kepiting kenari

Ini 9 Angkutan Umum Balikpapan Dilihat dari Nomor, Warna, rutenya

balikpapanguide.com, angkutan umum kendaraan roda 4 masih menjadi alternatif terbaik untuk transportasi antar tujuand alam kota balikpapan. angkutan ini melayani semua masyarakat kota balikpapan berdasarkan rute dan warna bodi kendaraan. anda tidak perlu risau mengenai tarif dari angkutan ini. tarif angkutan jarak ajuh dan dekat masih tetap rp 5000,- harga tahun 2015. Anda tidak perlu extra tambahan uang jika rute yang di lalui adalah jalur poros seperti di bawah ini. semua angkutan ini bermula dan berakhir di beberapa terminal seperti terminal batu ampar , terminal Balipapan permai, kampung baru hingga gunung tembak.