Skip to main content

7 Hal Tentang Bukit Bangkirai Balikpapan Kawasan Hutan Lindung Asri

Bukit Bangkirai Balikpapan
Selamat datang di Bukit Bangkirai Balikpapan 

Balikpapanguide, Bukit Bangkirai Balikpapan didasarkan pada mayoritas pohon yang tumbuh di sini adalah pohon bangkirai yang berusia lebih dari 150 tahun dengan ketinggian sekitar 40 hingga 50 meter dan diameter sekitar 2 meter. Bukit Bangkirai mencakup luas kawasan sekitar 1500 hektar hutan konservasi. Diprogramkan bahwa kawasan ini sebagai sarana penyimpan air, pendidikan lingkungan, dan kehutanan. Bukit Bangkirai Balikpapan, 7 hal yang perlu anda ketahui .


gerbang menuju canopy bridge
1. Canopy Bridge adalah sebuah menara yang terdapat pada ketinggian 30meter, melintang antara beberapa pohon bangkirai panjang sekitar 64 meter, Jembatan yang menghubungkan lima pohon Bangkirai.
gerbang kawasan Bukit Bangkirai
 2. Berlokasi di kilometer 38 jalan poros balikpapan dan samarinda Bukit Bangkirai adalah kawasan wisata alam yang dikelola PT. Inhutani I Unit I Balikpapan. Kawasan wisata ini terletak di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Bukit Bangkirai dapat ditempuh melalui perjalanan darat selama 1,5 jam dari Kota Balikpapan.

salah satu papan penunjuk jalan
3. (menurut wikipedia.com Bukit Bangkirai Balikpapan) Wisata ini menawarkan pesona hutan hujan tropis yang masih alami, yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana wisata seperti restoran, lamin untuk pertemuan, kolam renang, serta cottage maupun jungle cabin.

pemandangan kanopi bridge

4. Jembatan Bukit Bangkirai Balikpapan ini merupakan yang pertama di Indonesia, kedua di Asia dan yang kedelapan di dunia. Konstruksinya dibuat di Amerika Serikat. sejarah singkatnya, peneliti asal Amerika serikat telah melakukan survey lokasi dan pohon serta lingkungan maka dilakukan pembangunan tahap pertama pada januari 1998 dan tahap kedua selesai pada februari 1998 dimana jembatan ini diselesaikan kurang lebih 1 bulan. yang dikerjakan oleh kontraktor Amerika yang tergabung dalam CCA (Canopy Constraction Asosiated) sebanyak enam orang pelaksana lapangan dengan dibantu tenaga lokal sebanyak tiga orang.

Selain kayu dalam konstruksinya digunakan pula baja tahan karat atau Galvanized dari Amerika. Umur jembatan tajuk ini dari selesainya diperkirakan dapat mampu bertahan selama 15-20 tahun sesuai dengan umur dan ketahanan bahan. Jika ingin berpergian ke Canopy bridge ini anda akan melalui jalan setapak dengan memasuki hutan lebat dimana terdapat pohon-pohon rindang.
pemandangan dari atas tangga kanopi bridge
5. Bukit Bangkirai Balikpapan di resmikan oleh menteri kehutanan republik indonesia Djamaludin pada tanggal 14 maret 1998. terdapat situs peresmian itu di lokasi kawasan bukit bangkirai.

Lobi pintu penerima tamu kawasan lindung bukit bangkirai
6. kontruksi dan umur jembatan ini di perkirakan mampu bertahan hingga 15- 20 tahun selara dengan umur pohon penyangga itu sendiri, berarti di mulai tahun 1998 hingga tahun 2018 adalah maksimal usia pakai. ayo buruan mencoba jembatan gantung ini sebelum 2018.

penjual souvenir di Bukit bangkirai
7. terdapat banyak pohon bangkirai yang berusia ratusan tahun tumbang di lokasi kawasan ini, jangan lupa untuk foto bersama dengan pohon ratusan tahun itu, karena bentuknya sangat sangat besar. Bukit Bangkirai Balikpapan


peta lokasi perjalanan menuju Bukit Bangkirai Balikpapan.

Comments

Popular posts from this blog

10 Tempat Bersejarah di Balikpapan Yang Wajib Di Ketahui

Balikpapan guide akan memberikan 10 Tempat Bersejarah di Balikpapan Yang Wajib Di Ketahui bagi siapa saja yang berkunjung ke kota Balikpapan, banhkan masyarakat Balikpapan bisa jadi tidak mengetahui beberapa lokasi tersebut karena berada d tempat tersembunyi.  Tugu Perdamaian (Km. 13)Jepang dan Australia di Balikpapan Tugu ini terletak di jalan Soekarno Hatta Km.13 No.03 Kecamatan Balikpapan Utara yang merupakan Tugu Peringatan terhadap tentara Jepang, Bangsa Indonesia dan Tentara Australia yang meninggal pada pertempuran perang dunia ke-II. di sekitar area tugu ini terdapat beberapa lubang bekas BOM / RUDAL pesawat tempur, sehingga menguatkan bukti sejarah dibangunnya Tugu Perdamaian ini. Periode pendirian pada tahun 1990, Bangunan tugu ini berbentuk persegi dengan ujung bagian atas berbentuk setengah lingkaran. terdapatnya tulisan Jepang dan Indonesia pada bagian depan dan tulisan Jepang pada bagian belakang. terdapat juga tempat untuk hio pada bagian depan. Tugu Australia Di Balikpa

10 Tempat Makan Enak di Balikpapan

Balikpapan guide akan memberikan 10 Tempat Makan Enak di Balikpapan yang paling populer dan sudah eksis selama lebih dari puluhan tahun. tempat makan ini dipilih berdasarkan jenis menu dan paling favorit oleh warga kota balikpapan. Sate Baruna Balikpapan Nikmat Tongseng dan Sate Bakar Sate baruna balikpapan, berada di jalan jenderal sudirman balikpapan. berada tepat di sebelum gerbang memasuki wilayah PT. Pertamina balikpapan. Rumah makan ini sudah menjadi legendaris untuk kategori masakan sate kambing dan olahan turunannya. setiap hari bukan hingga pukul 10 malam. Sate baruna Balikpapan juga menyediakan menu kotakan untuk keperluan aqqiqahan. Nasi kotakan ini bisa di pesan untuk kegiatan kegiatan anda. rumah makan sate baruna juga terdapat di jalam mt haryono balikpapan, tepatnya berada di jalan dekat dengan pasar butun soekarno hatta. Sate Baruna Warung Jl. Soekarno Hatta, Km 4, 5 No. 85 Batu Ampar, Kalimantan Timur ,Indonesia nomor telepon : +62 542 861861 restauran kepiting kenari

Ini 9 Angkutan Umum Balikpapan Dilihat dari Nomor, Warna, rutenya

balikpapanguide.com, angkutan umum kendaraan roda 4 masih menjadi alternatif terbaik untuk transportasi antar tujuand alam kota balikpapan. angkutan ini melayani semua masyarakat kota balikpapan berdasarkan rute dan warna bodi kendaraan. anda tidak perlu risau mengenai tarif dari angkutan ini. tarif angkutan jarak ajuh dan dekat masih tetap rp 5000,- harga tahun 2015. Anda tidak perlu extra tambahan uang jika rute yang di lalui adalah jalur poros seperti di bawah ini. semua angkutan ini bermula dan berakhir di beberapa terminal seperti terminal batu ampar , terminal Balipapan permai, kampung baru hingga gunung tembak.