Skip to main content

4 Wisata Alam Balikpapan Paling Favorit di Kunjungi

balikpapanguide.com daftar wisata alam balikpapan yang bisa di kunjungi setiap liburan dan akhir pekan. Wisata alam ini bisa anda kunjungi secara gratis tanpa di pungut biaya. Jika anda ingin membawa keluarga anda berlibur tanpa biaya yang banyak anda wajib mencatat lokasi dan waktu terbaik untuk berkunjung ke lokasi-lokasi yang sudah kami berikan. semoga liburan anda berkesan selama di kota balikpapan.


4 Wisata Alam Balikpapan Paling Favorit di Kunjungi 
 (Sumber foto: Backpackerjakarta)


1. Bukit Batu Dinding
menikmati pemandangan sunset dan sunrise di Batu Dinding. Wisata alam Batu Dinding masih baru dan sedikit yang mengetahuinya.

Lokasi : bukit Batu Dinding terletak di Jalan Soekarno – Hatta Kilometer 45, tepatnya di Desa Bukit Merdeka Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara ini.

Cara ke lokasi : Gapura pintu masuk ke lokasi Batu Dinding memang tidak semegah lokasi wisata pada umumnya. Hanya ada gapura yang terbuat dari kayu setinggi 6 meter bertuliskan ‘Wisata bukit Batu Dinding’. Untuk mencapai ke sana, wisatawan harus menyusuri jalan petak tanah sejauh 4 kilometer, dan hanya bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor roda dua. Itupun hanya tiba di lokasi parkir kendaraan dan sisanya harus ditempuh dengan berjalan sejauh 1 kilometer, menyusuri pepohonan Taman Hutan Rakyat Bukit Soeharto serta perkebunan warga.

Jalan yang sempit, terjal, dan berliku menjadi tantangan yang harus dihadapi sebelum Anda tiba dan bisa menikmati keindahan Batu Dinding. bukit Batu Dinding merupakan fenomena alam dari batuan karst setinggi 125 meter dengan panjang hingga 150 meter. Namun sayang, keindahan Batu Dinding tercemar oleh aksi vandal pengunjung tidak bertanggung jawab yang mencorat-coret badan batu.

Wisata bukit Batu Dinding memang sedang jadi primadona baru bagi masyarakat Kaltim. jumlah pengunjung bukit Batu Dinding sejak 5 bulan terakhir. Setiap malam minggu, menurutnya ada setidaknya 1 ribu pengunjung yang menghabiskan hari sejak sore hingga subuh di tebing Batu Dinding.



Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara menyatakan obyek wisata bukit Batu Dinding akan dimaksukan dalam katagori pariwisata forestry daerah. Kawasan Samboja memang terkenal memiliki begitu banyak potensi wisata berbasis hutan seperti halnya Taman Hutan Rakyat Bukit Soeharto, Hutan Bengkirai, Borneo Orangutan Survival hingga Batu Dinding.


Pulau Tukung Balikpapan
adalah sebuah pulau yang berukuran tak lebih dari 200m2 yang terletak 500m dari tepi pantai balikpapan. pulau ini tidak berpenghuni namun, memiliki keindahan yang alami, karena terletak di sisi terluar teluk balikpapan. anda bisa menyusuri pulau ini ketika pagi hari, pada saat air laut sedang surut dan tidak bibir pantai anak bisa di lalui dengan berjalan kaki saja. 
pulau tukung memiliki legenda mistis yang hingga sekarang masih sering di ceritakan kepada warga kota balikpapan secara turun temurun. bagaiman pulau ini dahulu di huni oleh keluarga nenek dan kakek yang pekerjaannya mengembala kambing di pulau ini. namun kambing mereka suka hilang, berjalan sendiri ketika air pasar menutup pulau ini. hingga sekarang mitos cerita ini tidak bisa di benarkan atau di buktikan.

Hutan Lindung Sungai Wain (HLSW) 
merupakan wisata alam di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. HLSW adalah wisata alam hutan dan wisata alam sungai indah. tidak lupa varien satwa yang berada di sana. Kali ini balikpapanguede akan mereview kawasan ini, sebagai alternatif berwisata dan berlibur bagi warga kota balikpapan. Potensi kawasan yang di lindungi oleh pemerintah daerah ini sangat besar , karena keaslian flora dan fauna yang ada di sana.
Keseluruhan luas HLSW adalah 10.025 hektar dan terdapat sungai Wain yang panjangnya kurang lebih  18.300 m dengan airnya yang jernih dengan rimbunnya hutan bakau dan habitat beberapa burung, ikan , kepiting dan orang hutan.


Danau Cermin Rawamangun

ada sebuah lokasi yang menajubkan, yaitu sebuah danau yang muncul kareena bekas galian tanah yang cukup luas. galian tanah tersebut akhirnya di penuhi oleh air hujan yang berkumpul membuat sebuah danau berwarna ke biru biruan. danau ini menjadi menarik akrena jika di pandang dari arah jalur jalan, lebih mirip sebuah cermin yang saling memantul dengan pemandangan yang sama. di danau ini di larang untuk berenang oleh warga sekitar , karena tanah lempung yang berbahaya jika di injak.

apa saja yang bisa di lakukan di danau cermin rawamangun ini? anda jelas menyukai latar danau ini untuk berselfie ria, anda tidak di perkenankan untuk memancing, atau berenang. di tempat ini gratis untuk di kunjungi oleh warga. letak danau cermin rawamangun sekitar 30 menit dari pusat kota balikpapan, ke arah pantai lamaru balikpapan. dan masuk ke dalam arah pemukiman sekitar 15 menit saja.

waduk manggar balikpapan
waduk manggar berada di lokasi wilayah kelurahan Karang Joang kecamatan Balikpapan Utara, sekitar 16 kilometer dari pusat kota balikpapan. Waduk Manggar Besar bermanfaat untuk meningkatkan kapasitas waduk dari tampungan air hujan sehingga tercukupi kebutuhan air bersih untuk Kota Balikpapan. Waduk yang memiliki wilayah tangkapan air seluas 50km persegi ini, merupakan sumber utama air bersih bagi PDAM Balikpapan untuk sekitar satu juta penduduk kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Di awali Sejak tahun 2004 hingga 2010, Waduk Manggar kini terus ditambah kemampuan daya simpan air melalui dam Manggar, yang dibangun oleh Dinas Pekerjaan Umum setempat menjadi 16.3 juta meter kubik.

hiburan wisata apa saja yang bisa anda lakukan di waduk manggar ini? beberapa komunitas bersepeda kota balikpapan seperti GOBRAY sering melakukan perjalan gowes ke lokasi terpencil dan tembus ke dalam waduk manggar. ada pula komunitas jeep, dan komunitas memancing yang menggunakan waduk manggar sebagai lokasi berkumpul. Namun ada satu larangan yang wajib untuk di hindari bagi warga atau wisatawan yang berkunjung kelokasi ini.

"ANDA DI LARANG UNTUK BERENANG DI WADUK" 

adalah larangan yang harus di hindari.Selain sebagai sumber air bersih, Waduk Manggar juga merupakan habitat berbagai spesies. Berbagai burung seperti Pecuk Ular (Anhinga melanogaster), Blue-throated Bee-eater (Merops Viridis), Blue-tailed Bee-eatre (Merops phillipinus), Brahminy Kite/Red Backed Sea-eagle (Haliastur indus), dan berbagai burung-burung kecil seperti sunbird anda bisa melakukan study mengenai keanekaragaman hewan yang ada di waduk manggar ini, anda juga bisa berfotografi bersama rekan dengan menjelajahi waduk manggar ini.

Waduk Manggar
Jalan Pdam
76117, Indonesia
14 kilometer dari pusat kota balikpapan, dapat anda tempuh dengan perjalanan sekitar 30 menit.

berikut tadi adalah 4 Wisata Alam Balikpapan Paling Favorit di Kunjungi 

Comments

Popular posts from this blog

10 Tempat Bersejarah di Balikpapan Yang Wajib Di Ketahui

Balikpapan guide akan memberikan 10 Tempat Bersejarah di Balikpapan Yang Wajib Di Ketahui bagi siapa saja yang berkunjung ke kota Balikpapan, banhkan masyarakat Balikpapan bisa jadi tidak mengetahui beberapa lokasi tersebut karena berada d tempat tersembunyi.  Tugu Perdamaian (Km. 13)Jepang dan Australia di Balikpapan Tugu ini terletak di jalan Soekarno Hatta Km.13 No.03 Kecamatan Balikpapan Utara yang merupakan Tugu Peringatan terhadap tentara Jepang, Bangsa Indonesia dan Tentara Australia yang meninggal pada pertempuran perang dunia ke-II. di sekitar area tugu ini terdapat beberapa lubang bekas BOM / RUDAL pesawat tempur, sehingga menguatkan bukti sejarah dibangunnya Tugu Perdamaian ini. Periode pendirian pada tahun 1990, Bangunan tugu ini berbentuk persegi dengan ujung bagian atas berbentuk setengah lingkaran. terdapatnya tulisan Jepang dan Indonesia pada bagian depan dan tulisan Jepang pada bagian belakang. terdapat juga tempat untuk hio pada bagian depan. Tugu Australia Di Balikpa

10 Tempat Makan Enak di Balikpapan

Balikpapan guide akan memberikan 10 Tempat Makan Enak di Balikpapan yang paling populer dan sudah eksis selama lebih dari puluhan tahun. tempat makan ini dipilih berdasarkan jenis menu dan paling favorit oleh warga kota balikpapan. Sate Baruna Balikpapan Nikmat Tongseng dan Sate Bakar Sate baruna balikpapan, berada di jalan jenderal sudirman balikpapan. berada tepat di sebelum gerbang memasuki wilayah PT. Pertamina balikpapan. Rumah makan ini sudah menjadi legendaris untuk kategori masakan sate kambing dan olahan turunannya. setiap hari bukan hingga pukul 10 malam. Sate baruna Balikpapan juga menyediakan menu kotakan untuk keperluan aqqiqahan. Nasi kotakan ini bisa di pesan untuk kegiatan kegiatan anda. rumah makan sate baruna juga terdapat di jalam mt haryono balikpapan, tepatnya berada di jalan dekat dengan pasar butun soekarno hatta. Sate Baruna Warung Jl. Soekarno Hatta, Km 4, 5 No. 85 Batu Ampar, Kalimantan Timur ,Indonesia nomor telepon : +62 542 861861 restauran kepiting kenari

Ini 9 Angkutan Umum Balikpapan Dilihat dari Nomor, Warna, rutenya

balikpapanguide.com, angkutan umum kendaraan roda 4 masih menjadi alternatif terbaik untuk transportasi antar tujuand alam kota balikpapan. angkutan ini melayani semua masyarakat kota balikpapan berdasarkan rute dan warna bodi kendaraan. anda tidak perlu risau mengenai tarif dari angkutan ini. tarif angkutan jarak ajuh dan dekat masih tetap rp 5000,- harga tahun 2015. Anda tidak perlu extra tambahan uang jika rute yang di lalui adalah jalur poros seperti di bawah ini. semua angkutan ini bermula dan berakhir di beberapa terminal seperti terminal batu ampar , terminal Balipapan permai, kampung baru hingga gunung tembak.